Visi SD Negeri 2 Banjarangkan adalah
“TERWUJUDNYA LULUSAN YANG SEHAT, BERKARAKTER, INOVATIF, DAN BERPRESTASI BERDASARKAN DELAPAN DIMENSI PROFIL LULUSAN” .
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:
- Lulusan, membentuk generasi yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri;
- Sehat, membentuk murid menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani;
- Berkarakter, mengimplementasikan delapan dimensi profil lulusan dalam aktualisasi kehidupan, berpikir kirtis di era globalisasi dengan tetap berperilaku sesuai dengan karakternya (Think Globaly Act Localy);
- Inovatif, kemampuan seluruh warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan;
- Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
- Delapan dimensi profil lulusan, delapan kriteria yang menggambarkan karakter, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan yang meliputi Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, kesehatan, dan kolaborasi.
Misi SD Negeri 2 Banjarangkan, sebagai berikut.
- Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi murid untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran melalui prinsip pembelajaran mendalam;
- Membangun lingkungan sekolah yang membentuk murid yang bertakwa terhadap tuhan yang maha esa dan memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melalui cara berinteraksi di sekolah;
- Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kewargaan, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong;
- Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat murid;
- Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasi;
- Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi murid sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua.


